Seminar

SEMINAR NASIONAL 2017

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA

STKIP SILIWANGI BANDUNG

 

PENDAHULUAN

            Perkembangan bahasa Indonesia  bersifat dinamis karena dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi dan perubahan sosial politik. Kedinamisan itulah yang membuat bahasa Indonesia  bergerak secara horizontal dan vertikal dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Bahasa Indonesia yang kini masuk menjadi bahasa lima besar terbanyak penuturnya di dunia menjadi model bahasa pemersatu, Indonesia menjadi acuan bagi negara lain dalam pengelolaan bahasa yang baik. Dengan jumlah penutur yang banyak ditambah dengan kemantapan sistemnya, bahasa Indonesia berpotensi menjadi bahasa terbesar di dunia. Untuk mewujudkan cita-cita menjadi bahasa terbesar di dunia, Badan Bahasa melalui Undang-Undang Nomor 24 tahun 2009 memvisikan bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional.

           Langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mendukung dan mewujudkan visi tersebut, diantaranya mengembalikan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari agar bahasa Indonesia tetap lestari dan digunakan dengan bangga di dalam negeri mengingat situasi kebahasaan yang sedang terjadi saat ini di Indonesia justru sebaliknya. Fakta menunjukkan sebagian orang Indonesia lebih bangga menggunakan bahasa asing. Penggunaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris mulai mengambil alih peran bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia yang hidup di tengah masyarakat semakin lama semakin pudar bahkan tidak menutup kemungkinan akhirnya menghilang. Padahal bahasa merepresentasikan jati diri masyarakat Indonesia. Kondisi ini akan terkurangi ketika masyarakat memiliki budaya literasi yang dikembangkan dengan baik. Seminar ini dirancang untuk membincangkan lebih dalam bagaimana menumbuhkembangkan budaya literasi di tengah masyarakat kita yang semakin mengglobal agar terlahir generasi cendekia dan literat yang memiliki semangat memartabatkan bahasa Indonesia.

MAKSUD DAN TUJUAN

Kegiatan seminar nasional ini diselenggarakan dengan maksud dan tujuan berikut ini.

  1. Mendesiminasikan berbagai pemikiran dan hasil kajian seputar bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Melakukan komunikasi akademik di antara berbagai kalangan di bidang bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  3. Berkontribusi pemikiran kepada berbagai pihak dalam bidang bahasa, sastra, dan pendidiakan bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Menggali berbagai potensi dan pemikiran dalam bidang bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  5. Bertukar informasi dan temuan akademik dalam bidang bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.

 

MANFAAT SEMINAR

1. Manfaat bagi Peserta Seminar

Memperkaya khasanah keilmuan dalam bidang pengajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia serta mengimplementasikan model pembelajaran yang inovatif sesuai dengan kebutuhan siswa.

2. Manfaat bagi Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Siliwangi

Dapat melakukan proses transformasi keilmuan dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia  untuk diterapkan dalam mengelola program  pembelajaran.

3. Manfaat bagi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Siliwangi

Memiliki jaringan mitra dalam melaksanakan program pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai arah visi, misi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

 

HASIL YANG DIHARAPKAN

Seminar diharapkan terutama dapat menciptakan dan menghasilkan inovasi-inovasi model pembelajaran bahasa Indonesia berbasis literasi sebagai sarana memartabatkan bahasa Indonesia

 

PEMAKALAH

Seminar Nasional ini akan menampilkan Pemakalah utama dan Pemakalah pendamping.

1. Pemakalah Utama adalah:

  • Dr. Endry Boeriswati, M.Pd. (Ketua IKAPROBSI)
  • Dr. Andoyo Sastromiharjo, M.Pd. (Pembantu Dekan II FPBS UPI Bandung sekaligus Ketua Prodi Program Pascasarjana UPI Bandung)
  • Dr. Wikanengsih, M.Pd. (Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP Siliwangi Bandung)

2. Pemakalah pendamping:

Pemakalah pendamping adalah peserta yang mengirimkan makalah dan diterima panitia melalui proses seleksi. Para peserta dapat mengirimkan makalah pendamping sesuai dengan tema yang ditentukan oleh panitia.

 

PESERTA SEMINAR

  • Para dosen Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Para peneliti Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Para guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Para mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Para mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Para pemerhati pendidikan dan pemerhati Bahasa dan Sastra Indonesia

 

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Seminar Nasional Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia ini akan bertempat di Graha Panca Bakti STKIP Siliwangi Bandung pada hari Rabu, tanggal 20 Desember  2017 pukul 07.00 WIB – 17.00 WIB

 

BIAYA

Pemakalah : Rp.  350.000
Prosiding (cetak) : Rp.  150.000
Peserta Mahasiswa (internal) : Rp.  100.000
Dosen/guru//umum : Rp.  150.000
Pelatihan OJS : Rp.  250.000

 

Narahubung

Indra Permana 085797804406

Mekar Ismayani 0812-2455-5889 (WA) 087823331832 (SMS & Telepon)

Ai Siti Zenab 085956621559

 

PENGUMUMAN TERBARU SEMNAS 2017

Pendaftaran pemakalah pendamping diperpanjang sampai tanggal 27 November 2017 dengan ketentuan pendaftar langsung mengirimkan makalah lengkap pada laman pendaftaran.

 

PANDUAN MAKALAH

Peserta pemakalah dapat unduh template artikel langsung DISINI

Unduh Template Makalah lengkap, Klik logo MS.Word di bawah